Minggu, 05 Juni 2011

Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

TIK??? ilmu pengetahuan tersebut tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan bisa dikatakan TIKitu sudah merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia..

Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sejatinya telah kita dapatkan semenjak kita duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan ada juga yang mendapatkannya sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tetapi untuk lebih memahami mengenai TIK itu sendiri, di makalah ini saya akan membahas mengenai pengertian TIK, sejarah TIK, perkembangan TIK hingga saat ini, dan juga masih ada hal-hal lainnya yang menyangkut tentang TIK, agar kita semua mengerti apa maksud dan tujuan dari adanya mata kuliah ini.

Pengertian TIK
 Pada dasarnya kata teknologi itu berasal dari bahasa Yunani, yaitu technologia, techne yang berarti keahlian dan logia yang berarti pengetahuan. Dalam pengertian yang lebih luas, teknologi dapat meliputi pengertian sistem, organisasi, dan teknik. Seiring dengan perkembangan zaman, pengertian teknologi menjadi semakin luas yaitu sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan mengenai alat dan keahlian, dan juga pengaruhnya terhadap kehidupan kolektif manusia untuk mengendalikan dan mengatur keadaan di sekitarnya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan bagian dari imu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang secara umum dapat didefinisikan sebagai semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. TIK juga dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, yang didalamnya meliputi memproses,  mendapatkan, menyimpan, dan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu sehingga dapat digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan, sehingga bisa sebagai informasi yang strategis  untuk mengambil suatu keputusan.
            
Adapun beberapa definisi TIK yang lain menurut para ahli, yaitu :
·        Eric Deeson
TIK yaitu kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan. Bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara keseluruhan tidak didefinisikan secara lebih khusus.


·        Puskur Diknas Indonesia
TIK adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

·        Anatta Sanai
Teknologi Informasi dan komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu dalam memperoleh pengetahuan antara seseorang kepada orang lain.


Sejarah TIK
Pada dasarnya, sejarah adanya TIK tidak terlepas dari peran-peran dan temuan-temuan para ahli yang menemukan berbagai alat yang berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi. Bermula dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875, yang lalu berkembang menjadi alat jaringan komunikasi dengan kabel yang merambah Amerika, bahkan diikuti dengan dipasangnya alat jaringan komunikasi trans-atlantik. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Secara singkat, fenomena-fenomena sejarah yang menggunakan berbagai macam teknologi elektronika, komunikasi, dan lain-lain merupakan awal mula dari lahirnya TIK yang berkembang hingga saat ini dan menjadi bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).



Perkembangan TIK
Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan TIK hingga saat ini memang berkembang pesat. Sejak zaman revolusi industri, alat-alat mekanik dan elektronik mulai banyak ditemukan. Hal tersebut juga meliputi alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara cepat, tepat, akurat, dan efisien. Dan pada saat ini, berbagai alat yang berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi yang canggih sudah banyak beredar dan digunakan dimana-mana. Dan yang saat ini benar-benar sedang merambah ke berbagai penjuru dunia adalah penggunaan internet dan elektronik, contohnya saja dengan adanya e-learning, e-banking, e-library, e-laboratory, e-mail, dan masih banyak lagi. Dan dilihat dari segi positifnya, hal tersebut sangan membantu dan mempermudah kegiatan manusia dan tidak lagi mempermasalahkan jarak dan waktu yang harus ditempuh.
Dalam hal proses pengolahan data juga mempermudah manusia untuk melakukan berbagau kegiatan tersebut, dimana alat-alat elektronik yang canggih sudah marak digunakan. Contohnya saja televisi, handphone, PDA, laptop, dan lain sebagainya, sudah bukan hal asing lagi di berbagai kalangan masyarakat pada umumnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa perkembangan TIK pun akan semakin pesat dengan semakin banyaknya alat-alat canggih yang ditemukan dan diciptakan. Dan juga dapat kita bayangkan bagaimana perkembangan TIK di masa mendatang, melihat situasi dan kondisi saat ini yang sudah dikelilingi oleh berbagai macam tekologi dan alat-alat elektronik yang canggih.

Pemanfaatan TIK sebagai alat pembelajaran
Saat ini seperti yang kita semua ketahui, komputer sudah berganti fungsi menjadi alat di berbagai bidang pekerjaan seperti pada bidang pendidikan dan bukan lagi sebagai barang mewah. Komputer pada awalnya digunakan sebagai alat penunjang administrasi di sekolah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, dengan masuknya Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai kurikulum baru menjadi salah satu komponen utama dalam TIK dan menjadi posisi yang sangat penting sebagai media pembelajaran saat ini

·  Kurikulum untuk mata pelajaran dan mata kuliah TIK
Visi dari mata pelajaran dan mata kuliah TIK yaitu agar siswa/mahasiswa dapat mengerti dan terbiasa menggunakan alat dan perangkat dari TIK secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam pembelajaran, pekerjaan, dan aktifitas lainnya sehingga siswa/mahasiswa mampu untuk berkreasi dan mengembangkan sikap imaginatif. Dan juga mampu untuk mengembangkan sikap eksplorasi secara mandiri dan mampu beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungan sekitarnya.
Melalui TIK diharapkan siswa/mahasiswa dapat terlibat dalam perkembangan kehidupan secara pesat yang mengalami perubahan dan penambahan dalam berbagai macam prosuk TIK. Perangkat TIK dapat digunakan untuk mencari, menganalisis, mengeksplorasi dan bertukar informasi secara cepat, tepat, dan efisien. Dengan menggunakan TIK, siswa/mahasiswa akan mampu dengan cepat untuk mendapatkan ide dari pengalaman dari berbagai kalangan, sehingga akan bertambah kemampuan untuk mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar secara mandiri, yang nantinya dapat untuk memutuskan dan mempertimbangkan sendiri bagaimana, kapan, dan di mana penggunaan TIK secara tepat dan optimal, termasuk pula implikasinya di masa yang akan datang maupun di masa kini.
Secara mendasar, TIK mencakup dua aspek yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi sendiri yaitu mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain. Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi merupakan perpaduan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain yang mengandung artian luas tentang segala kegiatan terkait dengan masalah pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer informasi antar media.
              
Dan secara khusus, tujuan dari TIK yaitu:
  • 1.      Menyadarkan siswa/mahasiswa mengenai potensi perkembangan TIK yang terus berubah, sehingga  siswa/mahasiswa dapat termotivasi untuk mempelajari dan mengevaluasi TIK sebagai pembelajaran.
  • 2.      Memotivasi kemampuan siswa/mahasiswa untuk dapat beradaptasi dan juga mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga mereka dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
  • 3.      Mengembangkan potensi dan bakat siswa/mahasiswa dalam menggunakan TIK dalam proses mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan aktivitas dalamkehidupan sehari-harinya.
  • 4.      Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih optimal dan menarik. Juga dapat mendorong siswa/mahasiswa untuk terampil dalam berkomunikasi, mengorganisasi informasi, dan bekerjasama.
  • 5.      Mengembangkan sikap belajar secara mandiri, inisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan TIK dalam proses belajar, bekerja, dan pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
Dengan demikian, kita harus bisa mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar bukan hanya sebagai mata pelajaran atau mata kuliah saja. Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa mendatang, kita harus siap  melakukan perencanaan yang matang untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan.


·  Pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran
TIK bukanlah teknologi yang dpaat berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software sebagai penunjangnya. Ada halpenting yang harus kita perhatikan dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran, yaitu hardware dan software penunjang yang tersedia dan jenis metode pembelajaran yang digunakan. Beberapa pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran yaitu:
1.      Presentasi
Presentasi yang biasa dilakukan saat ini yaitu dengan menggunakan komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada pula beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh jika kita memanfaatkan TIK untuk prsentasi, diantaranya kita dapat menampilkan animasi/film sehingga tampilannya menjadi menarik dan mudah untuk menangkap materi yang disampaikan. Software yang sering digunakan dalam metode ini yaitu Microsoft Powerpoint. Sedangkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat suatu prsentasi, yaitu tulisan yang jangan terlalu banyak untuk ditampilkan, tulisan yang tidak terlalu kecil, perbanyak gambar dan animasi, dan usahakan menggunakan metode yang interaktif.
2.      Demonstrasi
Demonstrasi biasanya dilakukan untuk menampilkan hasil dari suatu kegiatan, contohnya saja eksperimen. Cara lainnya yaitu kita mennggunakan media internet untuk menampilkan animasi sebagai penunjang penyampaian materi kita atau untuk membuat kita lebih mengerti tentang materi yang diajarkan.


Referensi :
http://rinakarlinarina.blogspot.com
http://duniatik.blogspot.com
http://id.wikipedia.org        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar